Kisi-kisi Ujian Komprehensif Manajemen Pemasaran

KISI - KISI MATERI UJIAN KOMPREHENSIF JURUSAN MANAJEMEN
A. Materi Konsentrasi Manajemen Pemasaran
No Materi Kompetensi Indikator Sumber  
Referensi
1 Definisi manajemen pemasaran  Definisi dan lingkup pemasaran
Mendeskripsikan Pengertian Manajemen pemasaran dan ruang lingkupnya.  1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
      2.Fandi Tjiptono, Strategi Pemasaran,  Penerbit Andi Offset. 
      3.Hermawan Kertajaya & M. Syakir Sula, Syariah Marketing, Mizan Pustaka. 
2 Konsep pemasaran dan  Orientasi perusahaan
 - Konsep dalam manajemen pemasaran.                                                                         - Orientasi perusahaan terhadap manajemen pemasaran.  - Menjelaskan konsep-konsep dalam manajemen pemasaran.                                                                         - Menganalisis orientasi perusahaan terhadap manajemen pemasaran. 1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
        2.Fandi Tjiptono, Strategi Pemasaran,  Penerbit Andi Offset. 
3 Pemasaran elektronik (e-Marketing) • Praktik e-bisnis
• Situs web

• Mendeskripsikan pelaksanaan e-bisnis.
• Menganalisis manfaat situs web bagi pemasaran.

1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
4 Kepuasan, memberikan nilai, dan mempertahan-kan pelanggan • Nilai dan kepuasan pelanggan
• Memberikan nilai dan kepuasan pelanggan
• Menarik dan mempertahankan pelanggan

• Mendeskripsikan nilai dan kepuasan pelanggan.
• Mendeskripsikan cara mempertahankan pelanggan.

1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
5 Pemasaran Hijau • Definisi dan lingkup pemasaran hijau
• Konsep pemasaran hijau
• Melakukan kajian literatur dan meresum tentang pemasaran hijau.
• Mendiskusikan dan mempresentasikan tentang pemasaran.
1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
6 Lingkungan pemasaran • Lingkungan demografi
• Lingkungan ekonomi
• Lingkungan alam
• Lingkungan teknologi
• Lingkungan sosial-budaya
• Mendeskripsikan lingkungan pemasaran.
• Menganalisis lingkungan eksternal terhadap pemasaran perusahaan

1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
7 Pengembangan produk dan adopsi produk baru • Strategi produk (klasifikasi produk, bauran produk, pemberian merek)
• Strategi pengembangan produk baru
• Product Life Cycle (PLC)

• Mendeskripsikan strategi produk (klasifikasi produk, bauran produk, pemberian merek)
• Mendeskripsikan strategi pengembangan produk baru
• menganalisis Product Life Cycle (PLC)

1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
8 Stategi dan pendekatan dalam penetapan harga Pertimbangan dan pendekatan Penetapan Harga Produk, strategi penetapan harga • Mendeskripsikan pertimbangan dan pendekatan Penetapan Harga Produk dan ruang lingkupnya.
. Mendeskripsikan strategi penetapan harga
1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
9 Strategi pemasaran retail • Strategi pemasaran ritel
• Bauran ritel

• Mendeskripsikan strategi pemasaran ritel
• Mendeskripsikan bauran ritel

1. Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall
2. Christina Whidya Utami, Manajemen Ritel, 2010, Salemba Empat
10 Stategi lay out dan atmosfir toko • Lay out toko
• Atmosfer dan visualisasi toko

• Mendeskripsikan lay out toko
• Mendeskripsikan atmosfer dan visualisasi toko

1. Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall
2. Christina Whidya Utami, Manajemen Ritel, 2010, Salemba Empat
11 Peran budaya dalam pembentukan perilaku pembelian     1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
12 Motiivasi dalam keputusan pembelian     1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
13 Pengetahuan dan pembelajaran konsumen     1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
14 Keputusan pembelian konsumen     1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
15 Strategi iklan bagi produk baru     1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
16 Persuasi dalam komunikasi pemasaran     1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
17 Promosi penjualan     1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
18 Dimensi kualitas layanan Kualitas pelayanan jasa konvensional Mampu menjelaskan pengertian dan alat pengukuran kualitas jasa 1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
    Kualitas pelayanan jasa syariah Baik konvensional maupun syariah 2.Fandi Tjiptono, Strategi Pemasaran,  Penerbit Andi Offset. 
        3.Hermawan Kertajaya & M. Syakir Sula, Syariah Marketing, Mizan Pustaka. 
19 Triangle marketing dalam pemasaran jasa Tiga jenis pemasaran jasan Mampu menjelaskan pengertian Triangle marketing dalam pemasaran jasa 1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 
20 Customer relationship management (CRM) Manajemen hubungan dengan konsumen Mahasiswa memahami Customer relationship management (CRM) 1.Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi-Kisi Komphrehensip Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) 100% LULUS

Kisi-kisi Ujian Komprehensif Manajemen SDM