Kisi-Kisi Komphrehensip Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) 100% LULUS



 Kisi-Kisi Komphrehensip Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) 100% LULUS

1.       Perbedaan dan persamaan manjement dan MSDM adalah:
a.     MSDM dikaji secara mikro dan manajement dikaji secara makro.

b.    MSDM pendekatan secara modern dan manajement secara pasif.

c.     MSDM menganggap karyawan sebagai factor produksi dan manajement menganggap kayawan sebagai asset.
d.    MSDM dikaji secara mikro dan manajement juga secara mikro
2.       Dimanakah dibawah ini yang termasuk 4 elemen dalam struktur organisasi, yaitu:
a.     Besaran intensif
b.    Adanya nilai dan visi
c.     Adanya Misi

d.    Adanya Spesialisasi kegiatan kerja

3.       Definisi struktur organisasi ialah:
a.     kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan satu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja.

b.    suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan.

c.     berhubungan dengan apakah masyarakat atau orang-orang dalam organisasi tersebut sederhana atau kompleks.
d.    merupakan anggota dari organisasi.
4.       Pengertian analisis pekerjaan ialah :
a.          tujuan besar yang akan dicapai nantinya
b.         suatu proses penggambaran dan pencatatan informasi mengenai prilaku dan kegiatan pekerjaan.
c.          menentukan kewajiban masing-masing karyawan dan tugas-tugas yang berkaitan.

d.         proses pengumpulan informasi mengenai suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seorang pekerja yang dilaksanakan dengan cara mengamati atau mengadakan interview terhadap pekerja dengan bukti-bukti yang benar dari supervisor.






5.       Di bawah ini merupakan tujuan analisi pekerjanan, yang tidak termasuk analisis pekerjaan ialah :
a.      Meningkatkan standart kualifikasi               c. Meningkatkan kesejahteraan
b.      Job description                                             d. Personal recuitment
6.       Metode pengumpulan informasi analisis jabatan:
a.       Metode observasi                                     c. Metode proses alur
b.      Metode langsung                                         d. Metode analisis
7.       Pengendalian sebuah proyek yang berarti mengitung durasi proyek terpanjang dari awal sampai akhir, dilakukan dengan metode:
a.     PERT                                                            c. WBS
b.    AON dan AOA                                            d. CPM
8.       Metode yang digunakan pada manajemen persediaan, kecuali:
a.    EOQ                                                             c. Lot for lot
b.    Invetory pricing                                            d. Deterministik model
9.       Dibawah ini yang tidak termasuk dalam tujuan peatihan SDM adalah:

a.    Memutakhirkan keahlian seseorang inidvidu sejalan dengan perubahan teknologi. Melalui pelatihan, pelatih (trainer) memastikan bahwa setiap individu dapat secara efektif menggunakan teknologi baru

b.    Mengurangi waktu belajar seorang individu baru untuk menjadi kompeten dalam pekerjaan

c.    Menambah teman dengan adanya pelatihan

d.    Membantu memecahkan persoalan operasional
10.   Yang tidak termasuk dalam tahapan pengembangan karir seseorang adalah:

a.    Tahap Pencegahan

b.    Tahap Eksplorasi
c.     Tahap Pemantapan
d.    Tahap Pertumbuhan



11.   Pengertian promosi menurut para ahli manajemen adalah:
a.     Proses selektivitas karyawan untuk berpindah tingkat jabatan
b.    Pemasaran karyawan untuk mencapai tingkatan jabatan yang lebih tinggi

c.    Perpindahan yang memperbesar authority dan responsibility karyawan kejabatan yg lebih tinggi didalam suatu organisasi sehingga kewajiban, hak, status, dan penghasilan yang lebih besar

d.    Proses pengujian penempatan ditempat dan jabatan yang berbeda
12.   Berikut ini yang bukan bagian dari metode Pengumpulan Data untuk analisis pekerjaan, adalah:
a.     Wawancara

b.    Psikotes

c.     Observasi
d.    Kuisioner
13.   Manakah yg bukan bagian dari manfaat analisi pekerjaan karyawan:

a.    Penarikan SDM

b.    Kompensasi
c.     Penilaian performance karyawan
d.    Penentuan kinerja perusahaan
14.   Jawaban dibawah ini yang tidak termasuk kedalam peran konsumen dalam membeli dipasar konsumen adalah:
a.       Penjual                                                             c. Pemilik Pasar
b.       Pemilik                                                             d. Pengurus
15.   Berikut ini yang bukan merupakan bagian dari tahapan analisis pekerjaan adalah:
a.   Menentukan data dan metode pengumpulan data yang akan digunakan

b.   Revisi latar belakang informasi yang tersedia, mis. Struktur organisasi, proses flowchart

c.   Menentukan siapa yang akan melakukan pekerjaan tersebut
d.  Analisis pekerjaan ; data aktivitas pekerjaan, kondisi kerja, perilaku individu, keahlian, dll





16.   Pada sistem penilaian kinerja karyawan, setiap individu dapat memberikan penilaian individu lainnya tanpa memandang jabatan,. Metode penilaian karyawan ini dikenal dengan istilah:
a.       Central tedency error

b.      Penilaian 360*

c.       Performance Appraisal
d.      Perfomance Productivity
17.   Faktor-faktor apa sajakan yang dinilai dalam penilaian prestasi kerja:
a.       Perilaku karyawan, status social, warga Negara
b.       Agama, hasil kerja, individual yang bersangkutan
c.       Sosialisasi antar karyawan&kesalahan-kesalahan yang dilakukan

d.      Prestasi karyawan. Perilaku karyawan, hasil kerja, inisiatif kerja

18.   Pemindahan atau mutasi karyawan dilakukan karena:
a.       Untuk menghilangkan rasa bosan
b.       Untuk menghindari perselisihan antara karyawan
c.       Penilaian individual dari atasan ke bawahan

d.      Untuk meningkatkan produktifitas karyawan dan keseimbangan antara tenaga kerja dan komposisi pekerja karyawan

19.   Financial report yang digunakan untuk menentukan apakah perusahaan memerlukan tambahan dana untuk kelancaran kegiatan operasional atau tidak adalah:
a.      Neraca                                                  c. Laporan arus kas
b.       Laporan perubahan modal                    d. Laporan laba rugi
20.   Dibawah ini manakah yang bukan merupakan aktivitas MSDM untuk meningkatkan Kinerja Karyawan:
a.   Training SDM : meningkatkan motivasi karyawan
b.   Training SDM : meningkatkan pelayanan pelanggan

c.   Perlakuan adil : menciptakan tingkat kepuasan karyawan




d.  Perlakuan adil untuk meningkatkan komitmen karyawan terhadap perusahaan


21.   Dibawah ini adalah tahapan atau proses keputusan pembelian pada pasar konsumen, kecuali:
a.    Seleksi Pemasok                                        c. Evaluasi alternative
b.    Pencarian Informasi                                               d. Mengenali kebutuhan
22.   Sebuah    perangkat    yang    mengidentifikasi    unsur     proses-penyebab     yang mempengaruhi suatu hasil, adalah:
a.       Diagram kerugian kualitas                                      c. Diagram stochastic
b.       Diagram fish-bond                                                d. Mengenali kebutuhan
23.   Suatu kumpulan dari gambaran suatu pekerjaan tanggung jawab dan penugasan, ringkasan pekerjaan, kondisi pekerjaan, wewenang dalam pekerjaan adalah:
a.       Job thinking
b.       Performance appraisal
c.       Job analysis

d.      Job description

24.   Lay-out yang berhubungan dengan produksi dengan volume rendah dan bervariasi tinggi :
a.       Berulang

b.      Fokus pada proses

c.       Kustominasasi masal
d.      Fakus pada produk
25.   Manakah yang termasuk salam pegetahuan yang dilihat unuk melakukan penempatan kerja yang sesuai:
a.       Pengetahuan, keahlian, kebijaksanaan
b.       Pengetahuan, keterampilan, kasih sayang

c.       Pengetahuan, keterampilan, keahlian

d.      Keterampilan, keahlian, kebijaksanaan



26.   Manakah yang termasuk syarat-syarat seleksi dan penempatan:

a.      Informasi analisis jabatan, rencana-rencana SDM, keberhasilan rekrutment

b.       Informasi analisis jabatan, rencana-rencana akhir pekan, keberhasialan fungsi rekrutment
c.       Informasi analisis jabatan, rencana-rencana SDM, keberhasialan suatu perusahaan
d.      Rencana-rencana akhir pekan, keberhasilan suatu perusahaan, karyawati yang masih single
27.   Persediaan biasanya ada dalam financial report adalah:

a.      Neraca

b.       Lap. Perubahan modal
c.       Lap. Laba rugi
d.      Lap. Arus kas
28.   Persediaan berada dalam kelompok adalah:
a.       Aktiva tetap
b.       Pasiva lancar
c.       Biaya operasional

d.      Aktiva lancar

29.   Kemampuan perusahaan untuk membayar seluruh kewajiban keuangannya jika persediaan dilikuidasi dapat dilihat pada rasio:

a.       Laverage

b.       Aktivitas
c.       Likuiditas
d.      Profitabilitas
30.   Manakah dibawah ini yang merupakan pengertian dari Seleksi:
a.       Proses menerima karyawan sebagai bagia dari tenaga kerja sesuai dengan jabatan yang mereka mau



b.       Proses pencarian karyawan untuk meyeleksi calon tenaga kerja yang dianggap sesuai dengan karakter pekerjaan yang dilamar

c.       Proses berlangsungnya ujian untuk menerima kenaikan pangkat sesuai dengan pendidikan yang dimiliki
d.      Proses wawancara untuk mengetahui terjadinya sebuah kejadian
31.   Kemampuan perusahaan untuk membayar sebuah kewajiban keuangannya yang... jatuh tempo dapat dilihat pada rasio:

a.      Likuiditas

b.       Aktivitas
c.       Leverage
d.      Profitabilitas
32.   Perbaikan-perbaikan     yang     perlu     dilakukan     jika     terjadi     penyimpangan pelaksanaan dari perncanaan yaitu:

a.       Controlling

b.      Directing
c.       Planning
d.      Organizing
33.   Robert L kantz mengemukakan bahwa setiap manager membutuhkan minimal tiga ketrampilan dasar,ketiga ketrampilan tersebut adalah, kecuali:

a.       ketrampilan Manajemen waktu

b.       ketrampilan konseptual
c.       .ketrampilan teknis
d.      ketrampilan yang berhubungan dengan orang
34.   Strategi pemasaran dipengaruhi oleh faktor mikro, yaitu:

a.      Perantara pemasaran

b.       Demograsi
c.       Teknologi /fisik
d.      Sisial/budaya
35.   Bauran pemasaran adalah 4 komposisi dalam pemasaran yang terdiri dari 4P, yaitu:
a.       Produk, diskon, mall
b.       Price, penjual, pembeli
c.       Promosi, price, produk



d.       Semua salah

36.   Output maksimum system secara teoritis pada suatu periode waktu tertentu yang sengaja dirancang oeh perusahaan dengan kondisi yang ideal
a.       kapasitas efektif b. kapasitas design c. utilitas d. kapasitas

37.   Financial Report yang menunjukan kekayaan perusahaan adalah

a.       Laporan  Laba  Rugi   b.  Laporan Perubahan Modal    c. Neraca d. Laporan Arus Kas
38.   Financial Report yang menunjukan kenaikan atau penurunan modal perusahaan adalah
a.       Neraca    b. Laporan Perubahan Modal c. Laporan labarugi d. Laporan ArusKas
39.   Semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang dan jasa untuk konsumsi pribadi adalah pengertian dari...............
a.       Riset Pemasaran b.Segmentasi c.Pasar Pasar Industri d.PasarKonsumen

40.   Berikut ini tujuan manajemen persediaan yang benar, yaitu

a.       Menjaga keakuratan cataatn persediaan dan mengklarifikasinya


b.       Mengontrol fasilitas persediaan

c.       Mengklasifikan dan memisahkan barang Persediaan

d.      Pemeliharaan fasilitas yang tersedia diperusahaan

41.   Financial Report yang menunjukan aktivitas perusahaan adalah

a.    Neraca b.Laporan Labarugi c.Laporan PerubahanModal d.Laporan ArusKas

42.   Dalam inventory manajemen, biaya kehabisan persediaan dikenal dengan istilah



a.   lost cost b. empty cost c. stock out cost d.inventory cost

43.   Metode yang digunakan untuk menentukan jumlah pesanan yang ekonomis yang tidak menyebabkan sebuah perusahaan merugi adalah
a.       BEP dan IRR b.EOQ c.Critical Path Metdhod d.Constant Workforce

44.   Didalam menghitung durasi proses produksi sebagai standar penentuan batas pemberian insentif adalah metode
a.       PengambilanSampelKerja

b.      StudiWaktu

c.       DetermininstikModel

d.      SafetyStock

45.   Besarnya Pajak yang harus dibayar perushaan dapat dilihat pada

a.       Lap.Perubahan Modal b.Neraca c.Lap.LabaRugi d. Lap.ArusKas

46.   Terlampir dibawah adalh sumber-sumber informasi yang ada didalam pencarian informasi pada tahapan hutang dagang dicatat, adalah:
a.       AktivaTetap b.PasivaLancar c.BiayaOperasional d.AktivaLancar

47.   Teknik dalam mengantisipasi fluktuasi permintaan produkdengan menambah waktu kerja karyawan diluar jam kerjanya adalah
a.   overtime b. subcontract c. hiring layoff d. tidak ada jawaban

48.   Yang merupakan pengertian dari Informasi Analisis Jabatan adalah…

a.   Memberitahukan kepada manajer tentang ada atau tidaknya lowongan pekerjaan
b.   Menjamin manajer tentang tersedianya sekelompok orang yang akan dipilih



c.   memberikan diskripsi jabatan, spesifikasi jabatan dan standar-standar prestasi yang disyaratkan setiap jabatan

d.  Menjamin manajer tentang adanya lowongan pekerjaan untuk dia

49.   dibawah ini yang tidak termasuk kedalam faktor faktor social pada pasar konsumen adalah
a.  kelompok acuan b. keluarga c. peran dan status d. kelas social

50.   yang termasuk kedalam faktor fakor pribadi pada pasar konsumen adalah

a.  umur b.pekerjaan c. kedua jawaban salah d. kedua jawaban benar

51.   Sebuah Presentasi penjualan tentang produk tertentu adalah

a.       Iklan Institusional b.PenjualanPersonal c.IklanMerk d.Iklan komparatif

52.   Ketika konsumen mempromosikan produk mereka kepada pedagang grosir atau pengecer, upaya mereka disebut
a. Stategi Mendorong b.Promosi Penjualan c.Strategi Hargam Premium

53.   Berikut ini adalah metode-metode promosi, kecuali

a.       Target Pemasraan b.Penjualan Personal c.Periklanan d.HUMAS

54.   Manakah dari strategi promosi berikut ini yang merupakan promosi penjualan non-personal yang ditujukan bagi sejumlah besar konsumen..
a.       Periklanan b. HUMAS c. Telemarketing d. Mega-marketing

55.   Pengurangan nilai pada aktiva untuk mencerminkan penurunan aktiva sepanjang waktu adalah
a.     Harga Pokok Penjualan b. Pendapatan Penjualan c.Depresiasi d.Ekuitas Pemilik



56.   Rasio yang mengukur pendapatan bersih sebagai presentasi penjualan adalah

a.     NPM b.Rasio Aktivitas c. Rasio Leverage d. Tingkat Perputaran

57.   Utang jangka panjang yang dilakukan perushaan dapat dinilai melalui

a.     Rasio Likuiditas b. Rasio Profitabilitas c. Rasio Leverage d. Rasio Efesiensi
58.   Jika Sebuah perusahaan memiliki aktiva US 1.000, kewajiban US 300 dan kas US 100, maka ekuitas pemilik adalah
a. US 700 b. US 1.300 c. US 333 d. US 1.400\

59.   Suatu merger anatara produsen karet dan perushaan yang memproduksi jam dinding dan jam tangan adalah :
a.     Merger Konglomerat b. Merger Horixontal c. Merger Diagonal d.

MergerVertical

60.   Metode TQM pertama kali digunakan secara besar-besaran oleh perusahaan

a.  Amerika b. Cina c. Jepang d. EropaBarat

61.   Tujuan ..... adalah merancang ulang struktur organisasi dan operasi perusahaan untuk memperbaiki efesiensi produksi
a.     Analisis Manfaat b. BenchMarking c. Re-enginering d. Rembalikan Peran

62.   ..... Proses untuk mengurangi jumlah karyawan dalam Perusahaan

a.     Marginalisasi b. Perampiran c. Otomanisasi d.Peraturan Ulang

63.   Lokasi Pabrik atau kantor sebuah perusahaan dapat mempengaruhi semua ini kecuali
a.  Biaya Produksi b. Penghasilan c.Tingkat Pajak d.Dewan Direksi



64.   Hal-hal tersebut dibawah ini adalah cara umum untuk membentuk departemen suatu perusahaan kecuali
a.       Fungsi

b.       Produk

c.       Periode waktu


d.      Lokasi

65.   Unit tambahan yang disimpan dalam persediaan untuk mengurangi kehabisan persediaan disebut
a.    Pemesanan Ulang b. Persediaan Just inTime c. Peserdiaan Pengaman

d.Senua jawaban salah

66.   Jika suatu perushaan gaggal memenuhi tanggung jawabnya kepada ,,,, maka perusahaan tersebut dikatakan bangkrut
a.     Karyawan b. Kreditornya c. Pemerinyahnya d. Pemiliknya

67.   Diantara berikut ini mana yang menjelaskan sasaran utama sebuah perusahaan

a.     Penjelasan Taktik b. Pernyataan Misi c. Perencanaan Operasional d.

Perencanaan dari bawah keatas

68.   Fungsi pengawasan menuntut agar para manajer menyusun standar kinerja pada semua bidang tersebut dibawah ini dapar diterapkan standar-standar kecuali

a.       Jumlah Perusahaan Pesaing


b.       Keuntungan

c.       Kualitas

d.      Volume penjualan



69.   Promosi menggabungkan dua produk yang tidak bersaing dengan sbeuha diskon adalah
a.       Diskon Berganda

b.      Co-Branding


c.       Promosi Penjualan Ganda d. Penggabungan Harga Kuantitas

70.   Penjualan produk akan naik dengan pesat pada pase.... siklus kehidupan Produk

a.       Kedewasaan b. Perkenalan c. Kejenuhan d. Pertumbuhan

71.   Berikut ini adalah semua keuntungan dari merk Produk kecuali

a.       Perusahaan Besar nama terkenal

b.      Harga turun


c.       Lebih mudah memperkenalkan produk baru

d.      Lebih mudah measuki geografis pasar

72.   Jenis iklan yang digunakan untuk produk bahan makanan seperti sereal, selai kacang adalah
a.       Iklan institutional

b.      Iklan Pengingat\


c.       Strategi Pendorong

d.      Iklan HUMAS

73.   Sebuah prestasi penjualan tentang produk tertentru adalah

a.       Iklan Institusional

b.       Iklan Komparatif

c.       Iklan Pengingat



d.      Iklan Merk


74.   Proses mementukan bagaimana sumber daya manusia di kombinasikan dengan sumber daya lain untuk memprodksi berbagai produk maupun jasa adalah
a.       Proses SDM

b.      Proses Produksi


c.       Saluran Distribusi

d.      Proses Penggabungan SDM

75.     Keputusan penetuan harga kebanyakan dipengaruhi oleh biaya produksi dann

a.       Ukuran Perusahaan

b.      Harga Pesaing


c.       Tanggung jawab sosial

d.      Etika Bisnis

76.   Perusahaan menggunakan struktur organisasi ..... agar berbagai bagian dari perusahaan dapatr berinteraksi pada saat mengerjakan proyek tertentu
a.       Garis lurus

b.       Table

c.       Matrik


d.      Selular

77.   Daftar jumlah komponen, campuran dan bahan-bahan yang diperlukan untuk memproduksi sebuah produk adalah

a.       BOM


b.       Pesanan pembelian



c.       Catatan perubahan teknik

d.      Semua jawaban salah

78.   Untuk menggunkana model persediaan dependen secara efektif menejer operasi perlu mengetahui hal-hal dibawah ini, kecuali
a.       Jadwal produksi yang induk (yang memberitahu apa yang harus dibuat dan kapan)
b.       Spesifikasi BOM (yang memberitahu bagaimana membuat produk)

c.       Daftar pesanan pembelian (yang memberitahu apa yang diproses)

d.      Waktu tunggu pesanan datang


79.   Analisa ABC membagi persediaan yang tersedia menjadi tiga kelas, berdasarkan

a.       Harga satuan

b.       Jumlah unit yang tersedia

c.       Permintaan tahunan’

d.      Nilai persediaan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi-kisi Ujian Komprehensif Manajemen Pemasaran

Kisi-kisi Ujian Komprehensif Manajemen SDM