Journal " Evaluasi Strategi Bisnis dan Perancangan Balanced Scorecard di PT Point Break Indonesia"
Source :
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb/article/view/567
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb/article/view/567
Summary of the journal :
Balanced Scorecard memberikan kerangka kerja dan berpikir yang integratif
bagi manajemen dan stakeholders lain untuk mengendalikan perubahan-perubahan
penting secara organisasional dalam dinamika persaingan. Sistem pengukuran
kinerja perusahaan lazimnya menggunakan pendekatan keuangan. Namun
pendekatan ini dirasa kurang tepat karena menggunakan data historikal dan lebih
mencerminkan kondisi dimasa lalu serta tidak mengukur hal-hal yang intangible di
dalam perusahaan.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah :
1. Financial perspective : dalam perspektif ini sasaran strategis yang hendak dicapai
oleh PT. Point Break Indonesia adalah meningkatkan pendapatan melalui
ekspansi permodalan dan membuka cabang di mancanegara.
2. Customer perspective : perspektif ini menghasilkan sasaran strategik
meningkatkan mutu layanan kepada pelanggan dan meningkatkan jumlah toko-
toko baru di mall kelas menengah atas.
3. Internal business perspective : sasaran strategik yang dilakukan dalam perspektif
ini adalah minimize error, maintain good network, minimize distribution channel
dan loyalty member sistem. Dalam sasaran strategik ini: pengukuran yang
dilakukan adalah claim ratio dan ketepatan waktu pengiriman invoice untuk
minimize error, customer satisfaction untuk maintain good network. Hal –hal
yang terkait dengan internal business customer perspective.
4. Learning & growth perspective : sasaran sasaran strategik yang hendak dicapoai
dalam perspektif ini adalah improve employee capability, technology that
facilities process improvement dan culture for continuous improvement.
Authors :
Mochamad Soelton dan Anwar Prabu Mangkunegara
Komentar
Posting Komentar