Journal " Evaluasi Strategi Bisnis dan Perancangan Balanced Scorecard di PT Point Break Indonesia"

Source :

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb/article/view/567


Summary of the journal :

Balanced Scorecard memberikan kerangka kerja dan berpikir yang integratif 
bagi manajemen dan stakeholders lain untuk mengendalikan perubahan-perubahan 
penting secara organisasional dalam dinamika persaingan. Sistem pengukuran 
kinerja perusahaan lazimnya menggunakan pendekatan keuangan. Namun 
pendekatan ini dirasa kurang tepat karena menggunakan data historikal dan lebih 
mencerminkan kondisi dimasa lalu serta tidak mengukur hal-hal yang intangible di 
dalam perusahaan.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah :
1. Financial perspective : dalam perspektif ini sasaran strategis yang hendak dicapai 
oleh PT. Point Break Indonesia adalah meningkatkan pendapatan melalui 
ekspansi permodalan dan membuka cabang di mancanegara. 

2. Customer perspective : perspektif ini menghasilkan sasaran strategik 
meningkatkan mutu layanan kepada pelanggan dan meningkatkan jumlah toko-
toko baru di mall kelas menengah atas.

3. Internal business perspective : sasaran strategik yang dilakukan dalam perspektif 
ini adalah minimize error, maintain good network, minimize distribution channel
dan loyalty member sistem. Dalam sasaran strategik ini: pengukuran yang 
dilakukan adalah claim ratio dan ketepatan waktu pengiriman invoice untuk 
minimize error, customer satisfaction untuk maintain good network. Hal –hal 
yang terkait dengan internal business customer perspective. 

4. Learning & growth perspective : sasaran sasaran strategik yang hendak dicapoai 
dalam perspektif ini adalah improve employee capability, technology that 
facilities process improvement dan culture for continuous improvement. 

Authors :
Mochamad Soelton dan Anwar Prabu Mangkunegara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi-Kisi Komphrehensip Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) 100% LULUS

Kisi-kisi Ujian Komprehensif Manajemen Pemasaran

Kisi-kisi Ujian Komprehensif Manajemen SDM